Comments Off on

Yuk Lestarikan 6 Permainan Tradisional Indonesia Ini!

Generasi 90 an pasti sudah banyak mencicipi berbagai jenis permainan tradisional. Belum adanya teknologi seperti sekarang ini membuat anak-anak generasi 90-an memanfaatkan waktu luang dengan berbagai permainan tradisional. Faktanya, generasi sekarang sudah banyak meninggalkannya, dikarenakan banyak game online yang secara gratis atau bahkan berbayar di pasaran.

Permainan tradisional ini adalah salah satu identitas bangsa Indonesia yang tetap harus dijaga. Beberapa permainan tradisional ini biasanya dijadikan sebagai salah satu permainan saat 17 agustusan. Permainan ini juga tak kalah menarik dengan game online. Selain menyenangkan, permain tradisional bisa digunakan untuk lebih mengakrabkan diri dengan teman.

Yuk Lestarikan 6 Permainan Tradisional Indonesia Ini!

Berikut beberapa permainan tradisional yang perlu kamu coba :

  1. Bakiak

permainan tradisional 1

Tak hanya generasi 90-an, generasi sekarang juga pasti tahu permainan ini. Permainan ini biasanya digunakan untuk perlombaan 17 agustusan atau perlombaan dalam rangka gathering kerja ataupun ulang tahun perusahaan yang bertujuan mempererat hubungan sesama.

Permainan yang bertumpu pada bakiak ini berisi 2 sampai 4 orang harus bergerak dengan aba-aba bersama atau serentak agar pemain bisa mencapai finish dengan cepat. Permainan ini semakin seru apabila beberapa pemain berjatuhan karena tidak kompak atau terlalu cepat melangkah.

  1. Tarik Tambang

permainan tradisional 2

Sama dengan permainan bakiak. Permainan tradisional ini sering digunakan pada acara-acara outdoor. Dilihat dari namanya, tentu saja permainan ini menitik beratkan pada kekuatan pada masing-masing tim. Permainan yang saling tarik menarik dan beradu kekuatan ini akan berakhir jika salah satu tim tertarik ke depan sampai ke bagian lawan.

  1. Bola Bekel

permainan tradisional 3

Siapa yang paling suka dengan permainan tradisional satu ini? permainan ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan, walaupun ada juga anak lelaki memainkannya. Permainan ini terdiri dari bola bekel dan 6 biji atau lebih bekel. Setiap pemain harus bisa mengambil mulai dari satu bekel pada tahap awal, sampai pada tahapan mengambil semua bekel pada tahap akhir. Jika pemain menjatuhkan atau tidak bisa mengambil jumlah bekel yang harus diambil, maka pemain tersebut akan berhenti bermain dan akan mengulangi tahapannya tadi.

  1. Kelereng

Permainan yang biasanya dilakukan oleh anak laki-laki ini cukup mudah dimainkan karena hanya menyentil kelereng. Namun demikian, permainan ini membutuhkan ketelitian dan kekuatan yang pas agar sentilan kelereng bisa mengenai kelereng lainnya. Bonusnya, kamu akan mendapatkan kelereng yang berhasil kena kelerengmu.

  1. Gobak Sodor

Permainan tradisional Indonesia yang satu ini memerlukan kekompakan pada masing-masing kelompok. Sebelum permainan dimulai, pemain membuat kotak yang terdiri dari 4 atau 6 kotak. Masing-masing kelompok mempunyai tugas masing-masing. Kelompok 1 bertugas sebagai penjaga dan kelompok 2 bertugas sebagai orang yang harus meloloskan diri.

Baca Juga :  Wajib Tonton! 5 Rekomendasi Film Action Terbaik 2017

Cara permainannya, kelompok penjaga harus berada di garis yang telah ditentukan sedangkan kelompok lawan harus bisa masuk ke kotak tanpa tersentuh oleh penjaganya. Seru kan.

  1. Layang-layang

Siapa yang suka bermain layang layang? Sampai ada lagunya juga loh. Permain ini tak hanya dikenal di Indonesia tapi seluruh dunia, sampai ada kompetisinya juga. Permainan ini membutuhkan angin yang lumayan besar tapi masih dalam kategori tenang, jadi tidak semua waktu bisa digunakan untuk bermain layang-layang.

Untuk bermain layang-layang, kamu juga bisa membuat sendiri layang-layang agar lebih kreatif atau jika tidak bisa kamu bisa membelinya. Setelah itu, layang-layang akan diterbangkan di lapangan agar tali tidak mudah tersangkut pohon ataupun tiang. Ada beberapa pemain yang membuat layang-layang mereka mengeluarkan suara, sehingga semakin ramai dan seru apabila banyak layang-layang dimainkan. Setiap pemain biasanya berlomba-lomba untuk menerbangkan layangannya lebih tinggi.

So, kira-kira permainan tradisional mana yang cocok untukmu?