Lihat Cara Mendaftar Akun DJP Online Registrasi, Super Mudah!

      Comments Off on Lihat Cara Mendaftar Akun DJP Online Registrasi, Super Mudah!

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah meluncurkan aplikasi guna memberikan kemudahan dan fasilitas kepada wajib pajak untuk melaporkan SPT Pajak atau pembayaran pajak secara online. Dengan mendaftarkan DJP online registrasi Anda bisa menikmati layanan perpajakan seperti e-filling dan e-Billing pajak yang terbaru.

djp online registrasi

Dirjen Pajak merupakan badan yang berada di wilayah kerja Kementerian Keuangan Indonesia.

DJP saat ini juga menjadi sebuah lembaga terpenting di Indonesia karena memang pembiayaan negara sebagian bersar berasal dari APBN dan juga berasal dari pendapatan pajak negara.

DJP Online memiliki berbagai macam aplikasi perpajakan yang ada di dalamnya.Selain dalam tata cara penggunaan aplikasi tersebut, mendaftar DJP online registrasi berada di dalamnya, hingga cara mengatasi kendala yang kerap dihadapi wajib pajak saat mengaksesnya.

Sejak adanya Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPNG2) diluncurkan,

DJP mengintegrasikan seluruhnya pada aplikasi perpajakan yang terdiri dari e-filling dan juga e-billing ke dalam situs DJP online, yang sebelumnya berada pada sistem yang terpisah.

Dalam fiturnya, DJP online memberikan layanan berupa:

Lihat Cara Mendaftar Akun DJP Online Registrasi, Super Mudah!

  • E- filling

e-filling sendiri merupakan aplikasi perpajakan yang memungkinkan pada wajib pajak untuk melaporkan SPT secara online dan juga real time. Pelaporan SPT ini seperti SPT PPN, SPT PPh 21/26, SPT PPh Orang Pribadi, SPT PPh Pasal 22, SPT PPh Pasal 4 ayat 2.

  • Fitur e-form

Yang mana dalam fitur ini memungkinkan wajib pajak untuk mengisi SPT secara offline, yang dapat diunggah dan dilaporkan melalui sistem DJP online.

Fitur ini dapat digunakan untuk melaporkan SPT Tahunan OP 1770 S, SPT Tahunan  Badan 1771, dan SPT Tahunan OP 1770.

  • E-billing

e-billing merupakan metode pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing. Kode billingnya secara resmi dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang berupa kode identifikasi deret angka yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran pajak.

Sebagai warga negara yang baik membayar pajak menjadi sebuah kewajiban untuk mendapat hak. Kemenkeu Indonesia sudah luncurkan djp online.Lihat selengkapnya!

Adapun langkah untuk melakukan registrasi pajak online dengan cara mendaftar pada DJP Online adalah secara berikut:

Lihat Cara Mendaftar Akun DJP Online Registrasi, Super Mudah!

  1. Membuat akun pada aplikasi

Seperti pada aplikasi umumnya, wajib pajak harus membuat akun terlebih dahulu agar dapat menggunakan layanan aplikasi DJP online.

  1. Persiapkan NPWP

Setelah pembuatan akun registrasi pada aplikasi, input NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang merupakan identitas yang diberikan oleh Ditjen Pajak pada wajib pajak sebagai tanda pengenal dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Jika Anda sudah memiliki nomor wajib pajak atau NPWP, masukkan seluruh angka tanpa adanya titik atau strip pada halaman pendaftaran pengguna DJP Online.

  1. Masukkan EFIN

Electronic Filling Identification Number (EFIN) merupakan sebuah identitas digital yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi perpajakan online.

Syarat untuk memasukkan Nomor EFIN ini Anda harus mengunjungi kantor pajar terdekat dan harus mendaftarkan dahulu secara offline di kantor pajak.

Adapun tata cara untuk mengaktivasi EFIN:

Lihat Cara Mendaftar Akun DJP Online Registrasi, Super Mudah!

  • Mengunduh formulir EFIN pada situs resmi Ditjen Pajak
  • Mengisi formulir lengkap dengan menyertakan dokumen seperti KTP untuk WNI, KITA untuk WNA, dan NPWP (semuanya asli dan fotocopi)
  • Datang ke kantor pajak dengan lampiran tersebut.
  • Setelah mendapatkan nomor EFIN, lakukanlah proses aktivasi melalui situs resmi DJP online https://djponline.pajak.go.id/resendlink
  • Masukkan atau ketikkan kode keamanan yang tertera
  • Klik Submit
  • Setelah ini Anda akan menerima surel konfirmasi yang berisikan password sementara. Klik tautan yang ada, lalu ganti kata sandi sesuai dengan keinginan Anda, upayakan yang mudah untuk diingat.
  • Kemudian klik tautan yang ada, dan ganti kata sandi (password) sesuai keinginan Anda. Untuk membuat password baru, pilih atau gunakan kata sandi, baik huruf ataupun angka yang mudah diingat.
  • Aktivasi EFIN maksimal 30 hari setelah mendapatkan nomor EFIN/

Kembali kepada tata cara pembuatan akun registrasi pajak online.

  1. Verifikasi

Setelah memasukkan nomor EFIN, Anda juga akan diminta untuk mengetikkan kode keamanan. Setelah itu, klik verifikasi.

Lalu akan muncul identitas wajib pajak. Pastikan nama dan identitas pada tampilan layar sudah tepat. Kemudian masukkan alamat surel, nomor ponsel aktif, dan juga password.

  1. Simpan

Terakhir klik simpan untuk proses pembuatan akun sudah berhasil.

Jangan lupa untuk selalu melaporkan SPT pajak Anda ya!