Mengenal Infeksi dan Obat Tradisional Parasit Kulit

      Comments Off on Mengenal Infeksi dan Obat Tradisional Parasit Kulit

Infeksi merupakan suatu keadaan di mana tubuh mengalami perlawanan terhadap adanya benda atau hal asing yang menyerang. Sehingga terkadang ada pembengkakan maupun pendarahan.

Infeksi juga biasanya dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat obatan seperti antibiotik maupun yang lainnya. Termasuk hal nya pada infeksi parasit, yang nantinya kita juga akan sebutkan beberapa herbal atau obat tradisional parasit kulit.

Rasa gatal di kulit memang bukan suatu hal yang mengherankan. Namun bukan berarti rasa gatal yang menyerang akan semuanya dimaklumi. Infeksi parasit misalnya, infeksi yang merupakan adanya pertumbuhan ataupun serangan organisme parasit terhadap organ tubuh manusia.

Parasit dapat menyebabkan beberapa penyakit. Parasit sendiri merupakan organisme yang hidup dari organisme lainnya. Infeksi yang disebabkan oleh parasit biasanya terjadi karena organisme tersebut masuk melalui kulit atau bahkan mulut manusia.

Parasit yang masuk melalui mulut dapat tertelan hingga masuk ke dalam usus. Parasit dapat bertahan dalam usus yang membuatnya membuat lubang di dalam dinding usus sehingga ia menyerang organ lainnya. Bila parasit melalui kulit, ia juga dapat bersarang pada kulit.

Hewan parasit ini akan menimbulkan penyakit, ia biasanya adalah organisme bersel satu seperti amoeba. Adapun terkadang ada cacing yang dapat menjadi hewan parasit, contohnya seperti cacing pita. Bisa juga disebabkan karena ektoparasit.

obat tradisional parasit kulit

Umumnya gejala yang ditunjukkan dari infeksi parasit kulit seringkali tak terdeteksi. Hingga mulai muncul rasa gatal, iritasi, hingga kemerahan pada area kulit. Infeksi parasit juga dapat terjadi dengan beberapa perantara, seperti air, serangga, tanah, tinja, hingga makanan yang terkontaminasi oleh parasit yang ikut tertelan saat kita makan.

Adapun beberapa kelompok orang yang rentan terinfeksi parasit, adalah:

Baca Juga :  Tampil Cantik Dengan Model Rambut Sebahu

Mengenal Infeksi dan Obat Tradisional Parasit Kulit

  1. Orang yang memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya.
  2. Anda yang sedang berenang pada air yang ditempati oleh kumpulan parasit.
  3. Sedang berada pada area yang tak memiliki pasokan air bersih.
  4. Memiliki hewan peliharaan yang terinfeksi.

Untuk beberapa kasus, sebagian infeksi yang tersebabkan oleh parasit juga akan sembuh dengan sendirinya. Selain dapat diberikan obat antijamur, penderitanya juga dapat meminum antibiotik. Tergantung pada penyebab hingga tingkat keparahannya.

Penderita akan sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Adapun di bawah ini adalah beberapa obat parasit tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

obat tradisional parasit kulit

  1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal dengan kandungan anti oksidan dan juga anti inflamasinya. Terlebih bawang putih yang dinilai mampu digunakan sebagai obat parasit tradisional memiliki kandungan anti virus yang ampuh menyembuhkan infeksi parasit.

Anda dapat membuatnya sebagai minuman tradisional. Caranya, siapkan 1-2 siung bawang putih, lalu cincang. Setelah itu campurkan pada segelas air. Ramuan ini dapat diminum hingga habis, terutama disaat sebelum makan agar parasit tak ikut memakan kandungan gizi makanan yang Anda makan.

  1. Cengkeh

Anda juga dapat menggunakan cengkeh sebagai obat tradisional parasit kulit. Cengkeh memiliki kandungan yang baik seperti tinggi anti oksidan dan juga anti virus. Cengkeh juga dapat melarutkan telur parasit dalam tubuh.

  1. Minyak Oregano

Bila saja sudah mengetahui manfaat oregano yang dapat ditaburkan pada masakan. Minyak oregano juga memiliki manfaat untuk melawan infeksi parasit. Anda dapat menggunakannya dengan mengonsumsinya, dicampurkan sebagai teh maupun sebagai minyak oles.

  1. Kacang Kenari

Kacang dan juga kulit kenari hitam dipercaya mampu membersihkan usus hingga membantu penyembuhan infeksi jamur. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, hingga dapat dibuat menjadi jus untuk membunuh parasit yang ada pada tubuh Anda.

Baca Juga :  Memakai Party Make Up Sendiri

Agar juga terhindar dari adanya infeksi parasit, tentu Anda harus lakukan:

  1. Cucilah tangan hingga bersih, terutama setelah menyentuh tanah, sayuran, hingga setelah buang air besar.
  2. Masaklah makanan hingga matang secara sempurna, khususnya pada daging ataupun sayuran yang terkontaminasi.
  3. Berhati hati agar tak menelan air saat berenang di sungai, danau ataupun kolam yang jarang dibersihkan atau tidak diberikan desinfektan.